Bill Laswell Musisi Legendaris Asal Amerika

Bill Laswell Musisi Legendaris Asal Amerika – Well atau yang biasa dikenal dengan Bill Laswell adalah musisi kenamaan Amerika yang lahir pada 12 Februari 1955. Selain menjadi gitaris band di Amerika, Laswell juga merupakan seorang produser rekaman sekaligus pemilik salah satu label dapur rekaman. Pria yang memiliki aliran musik jazz ini sudah banyak memproduksi rekaman di label rekaman miliknya. Selain beraliran musik jazz, pria enam puluh lima tahun ini juga suka dengan jenis musik rock, dunk, serta dubt.

Karir Bill Laswell pertama kali dimulai pada saat dipercaya untuk menjadi gitaris band di Detroit dan Ann Arbor, Michigan. Aliran musik jazz Bill Laswell juga dipengaruhi oleh musisi kenamaan lain, seperti Albert Ayler dan Miles Davis. Sekitar tahun 1970an, Bill Laswell pindah ke New York dan mulai aktif di musik New York yang sedang berkembang pesat. Untuk mengawali karirnya di New York, ia bergabung ke produser Giorgio Gomelsky dan menjadi backing band untuk Daevid Allen.

Bill Laswell juga bergabung dengan No Wave, band yang menggabungkan jenis musik jazz dan punk. Laswell mulai merintis label rekaman dengan pemilik label Celluloid Record. Laswell merekam berbagai genre musik seperti jazz, pop, dunk, milik penyanyi seperti Whitney Houston. Label dengan nama Material Laswell itu pada akhirnya dijual pada tahun 1980an.

Pada 1982, Bill Laswell merilis album Solonya dengan judul Baselines. Setahun setelahnya, ia menulis lagu Rockit yang ditulis bersama untuk album future Shock milik Herbie Hancock. Dalam album ini ia berperan sebagai gitaris basa dan juga penulis lagu. Hal ini membuatnya dan Herbie Hancock berkolaborasi hingga tahun 2000an. Saat kolaborasi dengan Herbie Hancock dia juga meraih prestasi penghargaan Grammy Award saat menggarap album, Sound System’.

Laswell banyak memproduksi album dari band-band terkenal seperti Sly and Robbie, iggy pop, Motorhead, Mick Jagger, serta Yoko Ono. Mereka mempercayakan Laswell dan para krunya untuk menggarap banyak album mereka. Bahkan Sly and Robbie, menyewa label rekaman Laswell untuk menggarap albumnya dengan judul Language Barrier pada 1985 dan Rythm Killer pada 1987.

Pada tahun 90an berkat bantuan Chriss Blackwell yang juga merupakan pendiri dari label rekaman, Bill Laswell mulai membuka label rekamannya yang diberi nama Axiom Record. Banyak album yang berhasil digarap oleh Laswell, mulai dari album rekaman milik pemain biola Simon Shaheen sampai album musik dansa milik Virtuoso Gambia. Laswell juga menulis beberapa lagu dari The Jungle Brother sekaligus menggarap dan merilis album mereka. Laswell juga sempat membuat label lain bersama Robert Soares yang diberi nama Subharmonic, tetapi dalam label ini Laswell bukanlah menjadi pemiliknya. Setelah usainya perjanjian Subharmonic, Bill Laswell juga membangun 3 label lain tetapi hanya berumur pendek.

Pada 2010, dalam perjalanannya live ke suluruh dunia, setiap tahunnya Laswell berkunjung ke Jepang untuk Live serta rekaman dengan Tokyo rotation. Pada 2018, ia tampil di London Jazz Festival.

Leave a Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!