Christopher Janney sang Arsitek Sekaligus Musisi

Christopher Janney sang Arsitek Sekaligus Musisi

Christopher Janney sang Arsitek Sekaligus Musisi – Christopher Janney, pria kelahiran 1950 ini merupakan seorang arsitek sekaligus musisi musisi yang hebat. Banyak karya-karya besar yang sudah dihasilkan oleh Christopher Janney. Ia memulai belajar musik pada tahun 1973 setelah lulus dari Princeton University. Musik yang pertama kali dipelajarinya adalah perkusi. Selanjutnya, Janney melakukan penampilan musik jazz yang berkolaborasi dengan beberapa seniman dan penari. Pada tahun 1978 dia juga berhasil menerima gelar seni lingkungan dari Massachusetts Institute of Technology.

Pada tahun 1980 di MIT Christopher Janney mulai studio multimedia miliknya sendiri. Dengan mengkolaborasikan ketertarikannya dalam dunia musik dan arsitektur, ia telah berhasil menciptakan pertunjukan suara dan beberapa instalasi. Salah satunya adalah proyeknya bersama Michael Baryshnikov yang diberi tajuk AREACH : NY dan juga pertunjukannya yang lain yang diberi judul Harmonix Runway di Bandara Miami.

Janney juga berhasil meraih beberapa penghargaan, di antaranya adalah “Sound Designer of The Year” oleh Theatre Arts Magazine di tahun 1985, penghargaan Harga Gryorgy Kepes dari MIT pada tahun 1985, serta pada tahun 1996 menerima penghargaan Edison Award dari General For Innovation on Design. Karya-karyanya juga sudah dipublikasikan diberbagai media yang terkenal, seperti Majalah Metropolis, The New York Times, Architectural Record, dan juga melalui film dokumenter yang terbaru adalah What Ia A Heart?.

Dikesempatan lain, Janney juga menghasilkan karya berjudul “Heart Beat” yang merupakan karya musik fisik dan dibawakan oleh Michael Baryshnikov dalam bentuk tarian. Janney juga berhasil menciptakan Urban Musical Instruments. Sonic Forest merupakan salah satu Urban Musical Instruments karya Christopher Janney dan telah berhasil melakukan beberapa tur di festival musik Amerika Serikat dan Eropa. Sonic Forest ini menjadi karya Christopher Janney yang hebat karena di sini dia mampu menciptakan instalasi dengan perpaduan suara yang dapat berputar sendiri setiap waktu dengan interval-interval pendek yang dapat berputar secara acak. Pada tahun 2007, Janney juga sempat mengeluarkan buku karyanya, The Architecture of The Air.

Pada tahun 2014 Janney mengadakan konser berjudul Exploring The Hidden Music di New York. Dalam konser ini, ini membuat versi baru dari karya-karyanya sebelumnya seperti Heartbeat, Cybermonks, dan Quadraphonic. Dalam konsernya ini ia banyak mengundang para musisi kenamaan seperti Bill Laswell, Lyn Mabry, dan Sara Rudner.

Janney juga pernah memberi kuliah tamu mengenai pekerjaan yang dijalaninya, salah satunya adalah ia pernah mengisi seminar tentang bagaimana cara meraih uang dengan hanya bermain judi bola dengan hanya bermodalkan smartphone & internet, Sound as A Visual Medium di Pratt Institute School of Architecture dan The Cooper Union School of Architecture. Saat ini, Janney menjabat sebagai direktur artistik di PhomenArts, Inc. Dimana dia bergerak dalam bidang seni dan desain lingkungan, serta ia juga menjabat sebagai wakil presiden di Institute For Performance Sculpture, Inc.

Leave a Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!