‘Soundstair’ Karya Indah Christopher Janney

Christopher Janney, Sorang arsitek sekaligus seniman dalam dunia musik ini selalu menghasilkan karya-karya yang menakjubkan. Dengan keahliannya, Janney berhasil membuat karyanya dikagumi oleh banyak orang dan menjadi karya yang ikonik. Kepandaian ia miliki membuat dua keahliannya itu mampu dipadu padankan sehingga semua karya Christopher Janney nampak sebagai karya yang harmonis. Salah satu karya Janney yang dikagumi adalah ‘Soundstairs’.

Soundstairs merupakan karya tangga nada. Tetapi, tangga nada yang dimaksud di sini bukanlah tanda nada yang menyamai Do Re Mi, melainkan instalasi tangga yang jika dilewati akan menghasilkan nada-nada. Konsep soundstairs ini sendiri adalah dengan menggabungkan sensor fotolistik, seperti karya Janney yang lain yang kemudian dipasangkan ke setiap anak tangga. Kendor fotoslistrik ini kemudian akan mengirim sensor ke komputer lalu kemudian akan diubah menjadi suara dan disebarkan menggunakan speaker. Melodi yang dihasilkan ini tergantung pada gerakan orang saat naik atau turun tangga. Irama yang dihasilkan tadi akan membawa orang-orang hanyut dalam melodi yang merdu sehingga tidak terasa llah saat melewati tangga. Jadi, jika tidak ada yang melintasi tangga yang sudah memiliki soundstairs, maka suara melodi tersebut akan berhenti. Konsep ini diciptakan Christopher Janney untuk mengetahui bagaimana respon orang-orang yang melewati tangga yang sudah dilengkapi sounstrairs. Dengan konsepnya ini, Janney juga bertujuan agar dapat membuat ruangan jadi terasa lebih berwarna tanpa harus mengubah bentuk fisik ruangan tersebut, tetapi ia memilih agar ruangan tersebut dilengkapi dengan anak tangga yang bisa menghasilkan alunan dari potongan musik jazz yang dibuatny. Dengan melalui Soundstairs, Christopher Janney juga berharap agar orang-agar mau memanfaatkan ruangan sekitarnya denga baik.

Berbagai pertunjukkan di tempat-tempat terkenal dan bersejarah juga sudah berhasil diselenggarakan oleh Christopher Janney untuk memperkenalkan Soundstairs ini. Di antaranya adalah, Museum Seni Metropolitan di Roma, tangga Spanyol, New York, Museum Seni Boston, Galeri Seni di Washington DC Belanda, Stands Schouwberg, dan Eidhoven. Selain beberapa seni pertunjukan, ada juga beberapa tangga nada yang sudah dipasang secara permanen dibeberapa tempat di Amerika Serikat, antara lain adalah Museum Saint Boston, Museum Seni Mississippi, Museum Saint Minnessota, dan salah bangunan di Washington DC Belanda yaitu Technoworld Plaza.

Yang terbaru, soundstairs karya Christopher Janney ini dipasang di rumah sakit anak di Boston. Pemasangan soundstairs yang diletakkan di tangga lobi utama ini mendapat sambutan yang antusias dari penghuni rumah sakit, mulai para staff hingga pasien, temutama pasien anak-anak. Suara harmonis yang dihasilkan sounstrairs ini membuat rumah sakit lebih berwarna dan membuat fungsi tangga kembali hidup dengan semakin banyaknya penghuni rumah sakit anak di Boston ini, mulai dari staff hingga pasien yang masih anak-anak berjalan dengan menggunakan tangga.

Leave a Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!